Kamis, 27 Maret 2014

Keutamaan Shalat Berjamaah



Oleh: H. Ridwan, S.Ag. M.MPd.

Shalat jamaah adalah salah satu ibadah mahdoh yang mempunyai nilai-nilai menumbuh kembangkan hubungan manusia dengan Allah dan hubungan manusia dengan makhluk lainnya. Nilai pahala shalat jamaah jauh lebih besar dari pada shalat sendiri. Sebagaimana Imam Bukhari dan Muslim dalam haditsnya meriwayatkan  Bahwa Rasulullah Saw bersabda:
الصّلاة الجماعة أفضل من صلا ة الفرد بسبع وعسرين درجة
“Shalat Jamaah itu lebih utama dari pada shalat sendirian yaitu pahalanya dua puluh tujuh derajat”
            Kemudian Hasan Al-Bashri meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw Bersabda: “Barang siapa yang dawam kontinyu terus menerus, tidak putus-putus melaksanakan shalat lima waktu berjamaah di Masjid, maka Allah Swt akan memberikan lima kebersihan kepadanya yaitu:
1.      Dihindarkan dari berbagai macam kesulitan hidup. Semua persoalan hidupnya akan dilalui dengan ketenangan, ketentraman dan penuh dengan kebahagiaan
2.      Dihindarkan dari siksa kubur. Kubur sempit yang luasnya hanya < 2 x 1 M persegi  akan menjadi sangat luas, kubur yang gelap gulita akan menjadi terang benderang. Dan pertanyaan-pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir akan mampu dijawab dengan mudah.
3.      Diberikan catatan amalnya  dari sebelah kanan. Berarti ia termasuk kepada golongan orang-orang yang diselamatkan dan diberi kenikmatan oleh Allah SWT.
4.      Diberikan kemampuan untuk melewati jembatan sirathal mustaqim dengan kecepatan bagaikan kilat menyambar,
5.      Dimasukan ke dalam surga tanpa di hisab sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW  yang lain.
اوّل مايحسب عليه العبد يوم القيا مة الصّــلاة وا ذا صلحــت صلح ســـا ئر عمله وإذا فســـدت ســـا ئرعمله
“Yang pertama klai di hisab atas tiap-tiap hamba pada hari kiamat adalah shalat, apabila shaltnya bagus, maka semua amal-amalannya dianggap baus dan apabila shalatnya jelek, maka amal-amal yang lainnya dianggap jelek”


[2]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar