Jumat, 10 Desember 2010

Pengembangan Kegiatan Ekstarkulikuler di MTsN Ciruas

Kegiatan Ekstrakurikuler (biasa disingkat sebagai ("ekskul") merupakan kegiatan penunjang kegiatan intrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler berlangsung di luar dari jam belajar dan umumnya berlangsung setelah jam pelajaran telah usai dilaksanakan  (sekira  pukul 14.00).
Kegiatan ekstrakurikuler biasanya berlangsung hingga sore hari dimana siswa dan siswi sudah tidak ada pelajaran wajib dalam kelas lagi dan kegiatan ini dimulai dari sepulang sekolah. Guna dari kegiatan ekstrakurikuler bisa dikaitkan dengan pengembangan minat dan bakat siswa yang mereka miliki dan juga sebagai sarana permainan yang diminati seorang siswa dan siswi atau sarana bermain sambil belajar.
Kegiatan Ekstrakurikuler bisa dibilang penting atau pun bagi beberapa orang yang aktif dalam mengikutinya bahkan  mengatakan tidak terlalu penting, bagi siswa yang masa bodoh tapi coba kita lihat dari sisi baiknya, kegiatan yang sesuai dengan bakat dan minat masing-masing anak pasti akan lebih terpandu dengan adanya suatu alat yang mendorong mereka secara pelan-pelan. Sejauh ini, kegiatan ekstrakurikuler yang berlangsung cukup baik karena selain semangat dari siswa dan guru yang berkaitan dengan pelajarannya juga mendidik dengan baik, memiliki mental yang baik, dan berkepribadian yang baik dibandingkan dengan siswa yang pulangisme (sebatas datang sekolah dan pulang) belum tentu di rumah masing-masing mereka belajar kebanyakan cenderung istirahat dan tidur
Dengan adanya kegiatan tersebut, kegiatan belajar mengajar juga dapat lebih lancar dan saling menambah wawasan lebih dibandingkan dikelas. Kegiatan ekstrakurikuler biasanya diwajibkan kepada semua siswa pada sekolah tersebut. Menurut pandangan penulis tentang kegiatan ekstrakurikuler sangat bermanfaat bagi siswa/siswi yang menyukai bidang eskul pilihannya masing-masing sesuai kemauan diri sendiri bukan paksaan dari luar atau hanya ikut-ikutan saja ini yang akan menjadi repot .
Dengan demikian perlu kita ketahui apa manfaatnya ikut kegiatan ekstrakulikuler?

Perlu diketahui bagi orang tua siswa bahwa pada saat anak Anda memasuki sekolah baru , apakah itu SD/MI,SMP/MTs,atau SMA/MA Anda perlu tahu ,paling tidak bertanya pada Kepala Sekolah atau Wakasek Kesiswaan bahkan anda bertanya kepada teman anda sendiri  : Apa saja kegiatan Ekstrakurikuler yang diseleggarakan oleh di sekolah ..?

Sekarang banyak sekolah yang menyelenggarakan kegiatan ekskul ( Ekstrakurikuler ), baik itu Sekolah Negeri ataupun Swasta, karena masing-masing sekolah juga berloma-lomba loh.

Macam-macam kegiatan ekstrakurikuler di MTsN Ciruas :

  1. Pramuka                                  13.  Nasyid
  2. PMR                                        14.  Syarhil Qur`an
  3. PASKIBRA
  4. Basket Ball
  5. Futsal
  6. Tenis Meja
  7. Volly Ball
  8. Tapak Suci (TS)
  9. Baca Seni Qur`an
  10. kaligrafi (Khat)
  11.  Marawis
  12. Qosidah
Oleh : Aep Saepul Anwar. Blogger: http;//aepthe.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar