Jumat, 03 Desember 2010

makalah aqidah Akhlak


MAKALAH
AQIDAH AKHLAK

KREATIF, PRODUKTIF
DAN INOVATIF


 














 Kelompok 3 :
Rounded Rectangular Callout: ] Ria Agustina
] Ria Safitri
] Rifa Fitriani D.
] Samsul Fazri M.
] Syafi’ati N.ARounded Rectangular Callout: ] Marta S. W.
] Musdalifah
] Mustagfirin
] Mutia
] Nurkholifah                                 









Kelas IX.1
2010
 

Sumber : Internet & Buku
 J(kelompok 3)J

KATA PENGANTAR

ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$#

Assalamu’alaikum Wr.Wb……..

Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan curahan rahmat serta hidayahnya kepada kami semua, sehingga kami dapat menyelesaikan sebuah makalah tentang “Kreatif, Inovatif dan Produktif” Yang merupakan akhlak terpuji kepada diri sendiri. Dalam makalah ini, terdapat penjelasan tentang salah satu akhlak mahmudah yakni; Kreatif, Produktif dan Inovatif yang berasal dari sumber-sumber buku dan internet.
Namun, kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangannya, oleh karena itu kami mengucapkan ma’af yang sebesar-besarnya. Kami masih perlu belajar dan mengkaji lagi tentang  informasi-informasi apapun, baik informasi tentang akhlak mahmudah ataupun lainnya.
Sangat membahagiakan jika makalah ini mau dibaca, dan dijadikan sebagai acuan untuk menambah wawasan serta motivasi untuk menjadi umat yang Berkreatif, Produktif dan Inovatif.
kami atas nama pembuat mengucapkan terima kasih banyak……


                                                                             
          J(kelompok3)J

LATAR BELAKANG


Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas  pelajaran Akidah Akhlak,  juga sebagai usaha untuk menambah point wawasan dan nilai kami. Terutama sebagai informasi dan motivasi bagi umat muslim untuk berusaha menjadi umat yang kreatif, produktif, dan inovatif di zaman yang semakin modern ini. Sehingga tidak akan tertinggal dengan umat lainnya.

Kreatif, Produktif, dan Inovatif termasuk salah satu akhlak terpuji (mahmudah) pada diri sendiri yang tidak kalah pentingnya dari berilmu, dan kerja keras. Seorang yang ingin maju atau sukses, harus mempunyai akhlak terpuji, oleh sebab itu dibuatlah makalah ini untuk membantu dan menambah wawasan juga sebagai acuan untuk  dilaksanakan di kehidupan sehari-hari.

     Dalam makalah ini banyak sekali penjelasan tentang semua itu, yang insyaallah dapat membantu kita untuk mempraktekannya.
Oleh karena itu, mari kita baca dan pelajari, walaupun kami menyadari makalah ini masih belum sempurna.







J( Kelompok 3 )
MATERI


KREATIF, PRODUKTIF, dan INOVATIF

I.                  Pengertian Kreatif, Produktif, dan Inovatif

Kreatif

Kata kreatif berasal dari bahasa inggris “create” yg berarti menciptakan, ”creation” artinya ciptaan. Kemudian kata tersebut diadopsi kedalam bahasa Indonesia yaitu kreatif, yang berarti memiliki kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru, bisa juga diartikan banyak akal dan memiliki daya cipta. Orang-orang yang mempunyai daya kreatifitas disebut orang yang kreatif.

Ciri-ciri orang yang kreatif :
1. Memiliki banyak ide dan kemauan
2. Memiliki jiwa yang suka dengan tantangan
3. Selalu mencoba dengan sesuatu yang baru
4. Memiliki jiwa yang professional


Produktif

Berasal dari kata bahasa inggris “product” yang berarti hasil, ”productive” berarti menghasilkan. Kemudian diadopsi kedalam bahasa Indonesia yaitu produktif yang berarti kemauan untuk menghasilkan sesuatu atau banyak mendatangkan hasil. Produktif dapat juga diartikan dengan meng hasilkan atau berkarya.

Ciri-ciri orang yang produktif :
1. Menghargai waktu dan disiplin
2. Tekun dalam bekerja
3. Gemar membaca
4. Tidak mengenal putus asa
5. Selalu ingin berkarya
6. Memiliki pola hidup yang hemat


Inovatif

Kata inovatif berasal dari kata bahasa inggis “innovate” yang artinya memperkenalkan sesuatu yang baru sedangkan ”innovative” berarti bersifat memperbarui. Kemudian kata “innovate” dan “innovative” merupakan bahasa Indonesia dengan mengalami perubahan penulisan manjadi “inovatif” yang berarti bersifat memperkenalkan suatu yang baru. Maksudnya upaya yang dilakukan lebih maju daripada yang sudah lalu. Sedangkan orang yang melakukan pembaharuan disebut “innovator”.

Ciri-Ciri orang inovatif :
1. Giat belajar dan bekerja
2. Selalu berorientasi kedepan
3. Kaya ide-ide yang cemerlang
4. Berfikir rasional dan berprasangka baik
5. Menghargai waktu dan menggunakan dengan sebaik-baiknya
6. Suka melakukan eksperimen-eksperimen dan penelitian.







II.               Perlunya Memiliki Sifat Kreatif, Produktif, dan Inovatif

Seseorang yang ingin maju atau sukses, harus memiliki sikap terpuji diantaranya Kreatif, Produktif, dan Inovatif. Apalagi di zaman yang semakin maju ini, persaingan hidup pun makin ketat. Manusia semakin banyak sementara bumi sebagai tempat tinggal ataupun kehidupan untuk mencari rezeki tidak akan bertambah. Banyak juga lahan pertanian yang menghasilkan bahan makanan semakin sempit akibat banyak rumah dan bangunan lain. Sedangkan, kebutuhan hidup manusia malah tambah banyak dan tidak tertahan.
Oleh karena itu, untuk mengatasinya, kita di haruskan memiliki daya kreatifitas, produktif dan inovatif atau cara-cara untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Kita sudah diberi akal (kemampuyan potensi dari hati, mata, telinga) oleh Allah SWT. Dan tentunya, akal itu harus digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat serta untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri. Itulah perbedaan kita dengan binatang. jika akal kita tidak dipergunakan, maka kita sama saja seperti binatang. Sesuai dengan firman Allah SWT.

ôs)s9ur $tRù&usŒ zO¨YygyfÏ9 #ZŽÏWŸ2 šÆÏiB Çd`Ågø:$# ħRM}$#ur ( öNçlm; Ò>qè=è% žw šcqßgs)øÿtƒ $pkÍ5 öNçlm;ur ×ûãüôãr& žw tbrçŽÅÇö7ム$pkÍ5 öNçlm;ur ×b#sŒ#uä žw tbqãèuKó¡o !$pkÍ5 4 y7Í´¯»s9'ré& ÉO»yè÷RF{$%x. ö@t/ öNèd @|Êr& 4 y7Í´¯»s9'ré& ãNèd šcqè=Ïÿ»tóø9$# ÇÊÐÒÈ

179.      ”Dan Sesungguhnya kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). mereka itu seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. mereka Itulah orang-orang yang lalai.” (Q.S Al-’Araaf : 179)

Sebagai umat muslim, kita sangat dianjurkan memiliki tiga sifat itu karena dengan ketiga sifat tersebut, kita akan dapat bersaing dengan  bangsa lain dan tidak bergantung padanya. Pada saat ini, Bangsa kita masih saja menggunakan produk dari bangsa lain. Itu disebabkan kita belum mempunyai kreatifitas sendiri. Jadi, kita sebagi generasi bangsa dan agama, ayolah mulai sekarang membentuk daya kreatifitas, produktif dan inovatif yang akan memajukan bangsa kita khususnya dalam agama. Karena Allah sudah menyediakan semua kebutuhan hidup manusia tinggal manusia itu sendiri yang menggunakannya. Sebagaimana Firman Allah SWT.
žcÎ)... ©!$# Ÿw çŽÉitóム$tB BQöqs)Î/ 4Ó®Lym (#rçŽÉitóム$tB öNÍkŦàÿRr'Î/ 34
”Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sebelum mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Q.S Ar-Rad :11)

Ketiga sikap tersebut bisa disebut sebagai usaha terakhir dari berilmu dan kerja keras. Kaitannya sangat erat, karena jika kita ingin berkeatif, awal yang harus kita punya adalah ilmu, kemudian setelah mampunyai ilmu, kita berusaha (kerja keras) untuk menciptakan sesuatu agar bisa menghasilkan (produk) yang bermanfaat, dari produk itu agar selalu disenangi oleh banyak orang kita harus selalu mencari sesuatu yang terbaru dan menarik. Jadi, Berilmu, Kerja keras, dan sifat-sifat seperti kreatif, produktif dan inovatif sangatlah berkaitan satu sama lain.
Dalam bentuk kreatifitas, produktif dan inovatif,Rasulullah mengajak kepada setiap muslim untuk menjadi mukmin yang kuat. Kuat disini yaitu :
a.       Kuat fisik, artinya gizi terpenuhi, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.
b.      Kuat harta, artinya kebutuhan hidup dapat terpenuhi.
c.       Kuat mental, artinya memiliki keberanian dalam menghadapi berbagai persoalan hidup.
d.      Kuat iman, artinya taat menjalankan ibadah sesuai dengan petunjuk agama.
e.       Kuat ilmu, artinya menyelesaikan persoalan yang dihadapi agar dapat mencapai cita-cita.

III.           Contoh Kreatif, Produktif, dan Inovatif
Aminah seorang siswa yang rajin dan kreatif. Setiap hari saat pulang sekolah, ia selalu melewati dan melihat berbagai macam barang bekas dibuang di tempat sampah. Setiap ia melewati tempat itu, ia selalu memikirkan barang-barang bekas yang dibuang. Kebanyakan barang yang ada yaitu plastik-plastik bekas jajanan atau bekas kebutuhan cuci, mandi, dll. Karena Aminah  sangat peduli terhadap lingkungannya, Aminah pun berusaha untuk memanfaatkan barang-barang bekas tersebut agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bukan sesuatu yang terbuang begitu saja. Dengan keterampilannya dibidang menjahit, Aminah pun membuat tas-tas (wadah) dari plastik. Awalnya ia hanya memperlihatkan hasil kerjanya kepada teman-temannya. Tapi, karena tas-tas buatan Aminah sangat lucu, menarik dan bagus, akhirnya banyak orang-orang yang memesannya.
Hanya dengan modal barang bekas, ia bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Aminah sangat senang karena bisa membuat sesuatu yang diminati banyak orang. Dan ia tidak cepat puas terhadap apa yang diperoleh, oleh karena itu, Agar tas-tasnya semakin di senangi, Aminah pun memberikan kreasi-kreasi baru agar lebih menarik.
Itulah salah satu contoh dari Kreatif, Produktif, dan Inovatif. Banyak sekali contoh-contoh yang ada, terutama di bidang bisnis. Harusnya kita juga bisa menjadi seperti Aminah.

IV.           Nilai-nilai positif (Keuntungan) dimilikinya Sikap kreatif, produktif dan inovatif.
Banyak sekali keuntungan (dampak positif) yang diperoleh dari sikap kreatif, produktif dan inovatif. Yakni :
1.      Dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga karyanya diminati banyak orang.
2.      Memperoleh hasil yang cukup banyak dari karyanya.
3.      Tercukupinya kebutuhan hidup sehingga dapat hidup layak.
4.      Kepuasan batin karena mampu menghasilkan sesuatu yang diminati banyak orang.
5.      bertambah banyaknya hubungan persaudaraan sehingga hidup terasa lebih nyaman.
6.      Dapat melestarikan lingkungan.
7.      Dapat menggunakan hasil produksinya sendiri.
8.      Dapat bersaing dengan bangsa lain.


V.               Bersikap Kreatif, Produktif dan Inovatif di Kehidupan sehari-hari.
Sikap Kreatif, Produktif dan Inovatif harus diperlukan bagi setiap orang yang ingin maju, sukses dalam usahanya. Sikap-sikap tersebut dapat diwujudkan dengan cara-cara berikut ini :
1.      Berusaha untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya.
2.      Selalu Berusaha keras dalam melakukan sesuatu, dengan tidak cepat merasa puas.
3.      Berusaha untuk menciptakan lapangan kerja baru, sesuai keahliannya.
4.      Berusaha Mengembangkan kemampuan yang dimiliki dengan modal yang ada.
5.      Melakukan sesuatu yang selalu bermanfaat
6.      Selalu Bersikap terbuka untuk menerima saran / kritik demi kemajuan usaha yang dilakukan.
7.      Memerhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.
8.      Mengutamakan kualitas produk dengan harga yang terjangkau pasaran.
9.      Selalu mengadakan evaluasi hasil usahanya untuk mngetahui kekurangan dan kelebihan yang dicapainya.
10.  Memiliki tekad bahwa hari esok harus lebih baik daripada hari ini.




SEKIAN



PENUTUP

ßôJysø9$# ¬! Å_Uu šúüÏJn=»yèø9$#

Demikian, makalah ringkas ini kami buat, dan akhirnya terselesaikan dengan baik, walaupun masih banyak sekali kekurangan yang terdapat di dalamnya.

Mungkin dari hasil pencarian di buku dan internet, kami hanya bisa menyampaikan sedikit saja tentang akhlak terpuji yaitu Kreatif, Produktif dan Inovatif. Masih banyak yang perlu kita ketahui,dan kaji lagi. oleh karena itu, kami atas nama pembuat memohon ma’af atas kekurangannya, dan terima kasih banyak atas perhatiannya. Semoga apa yang telah kami buat ini bisa memberikan manfaat, informasi-informasi yang menambah wawasan untuk kita semua…Amiiin……



Terima kasih banyak......


Wassalamu’alikum Wr.Wb.........




J( Kelompok 3)J


Sumber ; Internet dan Buku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar